Cokelat ternyata mengandung bahan dari minuman beralkohol

6 Mei 2009 at 12:05 AM (Uncategorized) (, )


coklatCokelat… kata tersebut sudah melekat di semua kalangan masyarakat dunia.
Siapa yang tidak suka cokelat? Makanan yang berasal dari biji kakao ini rupanya menjadi favorit untuk semua kalangan. Apalagi dengan penampilan dan rasa yang semakin bervariasi dan memikat. Tahukah Anda, bahwa di dalam makanan lezat itu kadang-kadang tersimpan pasta yang mengandung minuman keras?

Selera konsumen yang terus berkembang mengharuskan produsen cokelat harus berfikir keras untuk menampilkan cokelat yang lebih bervariasi. Kalau dulu kita hanya mengenal cokelat batang yang berisi kacang mede atau kacang tanah, maka kini variasi produk itu sangatlah banyak. Ada yang berbentuk bulat, lonjong, segitiga, bahkan juga lambang atau atribut suatu negara.

Isi cokelat pun semakin bervariasi. Bukan hanya kacang-kacangan, tetapi juga berbagai bahan lain yang dikombinasikan secara pas, sehingga menghasilkan sensasi tersendiri dalam mengunyah cokelat. Misalnya dengan menggunakan paduan antara cream, crispy dan caramel.

Salah satu yang mulai banyak digunakan adalah cream dengan berbagai rasa. Untuk menghasilkan citarasa yang khas kadang juga ditambahkan minuman keras tertentu. Misalnya saja cokelat berisi cream whisky, cream tiramisu, cream liquor, cream rhum dan berbagai jenis minuman keras lainnya.

Mengapa harus minuman keras? Ini karena berkaitan dengan selera konsumen. Di Barat, orang selalu mengkaitkan berbagai makanan dan masakan dengan minuman keras. Ini masalah lidah. Makanan yang tidak mengandung unsur khamer dianggapnya kurang mengundang selera.
Kebiasaan dan budaya makan inilah yang kemudian diekspor ke berbagai negara, termasuk Indonesia. Di Jakarta, beberapa toko sudah ada yang menjual cokelat yang berisi cream minuman keras. Kalau Anda mendapatkan oleh-oleh cokelat dari luar negeri, atau Anda sendiri yang membelinya ketika bepergian ke luar negeri, maka telitilah secara lebih seksama. Bacalah ingredientnya, siapa tahu ada liquor, rhum, whisky dan teman-tenannya. Jika ada harus segera dihindari, karena selamanya yang namanya khamer adalah haram dan najis! NW.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: